Seputar Program Mahasiswa Wirausaha

Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) merupakan sebuah program yang diselenggarakan oleh DIKTI dengan tujuan untuk menciptakan dan mengembangkan entrepreneur terdidik yang berasal berbagai bidang keilmuan.

Adapun misi yang diusung Universitas Indonesia sebagai penyelenggara dalam Program Mahasiswa Wirausaha adalah menyelenggarakan program kewirausahaan yang diikuti oleh para entrepreneur terdidik yang berasal dari berbagai bidang ilmu di kampus Universitas Indonesia serta mengembangkan minat wirausaha para mahasiswa.

Selain itu, PMW bertujuan untuk memberikan bekal pengetahuan, keterampilan dan sikap atau jiwa wirausaha (entrepreneurship) berbasis Ipteks kepada para mahasiswa agar dapat mengubah pola pikir (mindset) dari pencari kerja (job seeker) menjadi pencipta lapangan pekerjaan (job creator) serta menjadi calon/pengusaha yang tangguh dan sukses menghadapi persaingan global.

Program ini juga bertujuan mendorong kelembagaan atau unit kewirausahaan di perguruan tinggi agar dapat mendukung pengembangan program-program kewirausahaan. Sebagai hasil akhir, diharapkan terjadinya penurunan angka pengangguran lulusan pendidikan tinggi.

Dalam pelaksanaannya, PMW sendiri terdiri dari berbagai tahapan. Tahapan yang pertama adalah tahap persiapan. Di dalam tahap ini, penyelenggara perguruan tinggi melakukan sosialisasi dan seleksi. Tahun ini, Universitas Indonesia menerima 16 tim terpilih yang akan dibina dan didanai program kewirausahaannya.

Adapun tahap kedua adalah tahap pembekalan. Padah tahap ini, para tim terpilih akan mendapatkan pembekalan berupa dana yakni maksimum sebesar 20.000.000 rupiah dan pembekalan training serta assesment yang akan diberikan oleh UKM Center FEB UI.


Adapun tahap berikutnya adalah tahap pelaksanaan program. Pada tahap ini, para tim terpilih melaksanakan program sesuai dengan business plan yang telah dibuat yang tentunya terdapat targetan-targetan yang harus dicapai oleh para peserta. Selain itu, para peserta juga mendapatkan pendampingan dari para mentor bisnis terpilih serta kesempatan magang di perusahaan atau UKM yang sesuai dengan jenis wirausaha masing-masing tim.


Pada tahap terakhir program ini, akan dilaksanakan monitoring dan evaluasi oleh para dewan juri, dimana hasil monev tersebut akan dituangkan menjadi laporan akhir program yang akan diserahkan kepada DIKTI.

Leave a comment